-->

4 Contoh Musik Daerah Indonesia

4 Contoh Musik Daerah Indonesia - Hallo sahabat Kumpulan MP3 Free Download, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 4 Contoh Musik Daerah Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Alat Musik, Artikel Musik News, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 4 Contoh Musik Daerah Indonesia
link : 4 Contoh Musik Daerah Indonesia

4 Contoh Musik Daerah Indonesia
1. Tanjidor

Tanjidor merupakan orkes rakyat Betawi yang menggunakan alat musik Barat, seperti tambur besar dan terompet. Pada umumnya alat musik yang digunakan dalam orkes tanjidor yaitu alat musik tiup logam, seperti trombon, piston, dan terompet. Orkes ini biasanya dilengkapi dengan alat musik pukul yang disebut tambur. Orkes tanjidor biasanya dimainkan pada saat mengarak atau mengiringi pengantin, memeriahkan acara hajatan khitanan, dan berfungsi sebagai hiburan.

2. Gambang Kromong

Gambang kromong juga merupakan musik rakyat Betawi yang mendapat pengaruh dari kebudayaan Cina. Istilah gambang kromong diambil dari alat musik yang digunakan dalam musik ini, yaitu gambang dan kromong. Bilahan gambang biasanya dibuat dari kayu yang berjumlah delapan belas. Adapun kromong biasanya dibuat dari perunggu atau besi yang berjumlah sepuluh buah. Pengaruh ke budayaan Cina dapat dilihat dari alat musik yang digunakan, yaitu teh yan, kong an yan, dan shu kong. Teh yan merupakan rebab kecil, kong an yan merupakan rebab berukuran sedang, dan shu kong merupakan rebab berukuran besar.

3. Kolintang
4 Contoh Musik Daerah Indonesia
4 Contoh Musik Daerah Indonesia
Kolintang merupakan musik tradisional dari Minahasa, Sulawesi Utara. Alat musik ini berbentuk bilahan kayu seperti gambang dan terdiri atas melodi, ritme, dan bas. Musik ini berfungsi sebagai hiburan.

4. Sampek

Sampek merupakan alat musik yang berasal dari daerah Kalimantan. Alat musik ini merupakan jenis alat musik petik berdawai tiga. Sampek dibuat dari bahan kayu dengan hiasan ukiran yang indah. Alat musik ini digunakan untuk mengiringi tari-tarian daerah setempat

Oke sahabat mymelody pada dasarnya musik daerah di Indonesia masih banyak sekali hanya saja saya hanya menuliskan 4 contoh saja. Semoga dengan membaca artikel di atas dapat membuat kita lebih cinta pada musik Indonesia


Demikianlah Artikel 4 Contoh Musik Daerah Indonesia
Sekianlah artikel 4 Contoh Musik Daerah Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 4 Contoh Musik Daerah Indonesia dengan alamat link https://dapurmusikmp3.blogspot.com/2019/03/4-contoh-musik-daerah-indonesia.html

0 Response to "4 Contoh Musik Daerah Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel